KUNJUNGAN KERJA KOMISI IV DPRD PROVINSI BENGKULU KE BADAN NASIONAL PENCARIAN DAN PERTOLONGAN


Jakarta – Badan SAR Nasional yang telah berganti nama menjadi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan hari ini menerima Kunjungan Kerja dari Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu. Rombongan diterima oleh Sekretaris Utama yaitu Dadang Arkuni, SE.,MM dan didampingi oleh 2 Deputi dan Pejabat Eselon II dilingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Dalam Kunjungan Kerjanya kali ini Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu menyampaikan beberapa point yang berhubungan dengan pelayanan SAR untuk masyarakat Provinsi Bengkulu dan sekitarnya. “ Perlu kami informasikan kepada bapak – bapak dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan bahwa dalam keseharian kami, gempa dengan kekuatan 5,3 – 5,6 SR sudah menjadi teman keseharian kami dan warga telah cukup terbiasa dengan kejadian alam tersebut. Kami lihat dengan kejadian alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya maka kami berkewajiban untuk memberikan edukasi tentang penanganan hingga proses penyelamatan diri apabila disuatu waktu gempa bumi kekuatannya lebih dari 5,3 -5,6 SR yang dapat membawakan jiwa dari masyarakat Bengkulu.” Papar Bapak Jauhari Salim, S.Sos yang merupakan wakil ketua dari komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pihak Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu sangat mengharapkan bahwa Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dapat memberikan edukasi hingga pelayanan SAR yang lebih intensif kepada masyarakat Bengkulu dikarenakan Bengkulu terletak sangat dekat dengan Kepulauan Mentawai sehingga butuh pengawasan khusus dikawasan Pantai – Pantai di bengkulu contohnya di Pantai Panjang, dimana banyak wisatawan yang datang baik domestik maupun Internasional untuk berwisata bahari seperti berenang, berselancar ataupun menikmati indahnya Pantai. “ Selama ini pengawasan disekitar Pantai – Pantai tersebut masih sangat minim, dan sudah banyak korban jiwa dikarenakan countur dalamnya Laut para wisatawan kurang mengerti dan tidak adanya petugas yang khusus menjaga disekitar lokasi. Maka kami sangat berharap Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dapat bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk dapat mewujudkan pelayanan SAR yang efektif dan Efesien di lingkungan Provinsi Bengkulu dan sekitarnya.

Point – point tersebut dijawab oleh Sekretaris Utama Basarnas, Bapak Dadang Arkuni,SE.,MM yang menyampaikan bahwa Badan Nasional Pencarian dan Petolongan siap memberikan edukasi, pelatihan hingga pelayanan SAR yang prima kepada masyarakat Bengkulu. “ Kami selaku penanggung jawab pelayanan SAR di seluruh kawasan Indonesia siap mengakomodir permintaan dari bapak – bapak anggota komisi IV DPRD Prov. Bengkulu, seperti pelatihan kami siap untuk mengirimkan para instruktur kami untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada seluruh potensi SAR di wilayah Bengkulu. Lebih detailnya kami harapkan bapak – bapak dapat mengontak Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bengkulu untuk pelaksanaan pelatihannya. Kami pun telah banyak melakukan kerjasama di Bidang pelayanan SAR dengan Pemerintah Provinsi di seluruh wilayah Indonesia.

Acara Kunjungan ditutup dengan penyerahan cinderamata berupa Plakat dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan kepada wakil ketua komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu. ( nrl)

DSC_3114.JPG



Kategori General Artikel .
Pengunggah : didit
9 November 18:00 WIB