SELAMAT DATANG DI WEBSITE KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN BENGKULU


Skenario Latgarkom : Gempa 8.6 SR di Bengkulu


Rabu (16/6/2021) diberitakan telah terjadi gempa  berkekuatan 8.6 SR pada kedalaman 10 KM dengan titik pusat gempa sekitar 172 KM dari bibir Pantai Selebar Kota Bengkulu. Gempa tersebut mengakibatkan terjadinya gelombang tsunami yang berdampak pada terputusnya jaringan listrik dan komunikasi di wilayah kota 
Bengkulu dan sekitarnya. Kantor SAR Bengkulu kemudian mengaktifkan sistem komunikasi 
daruratnya. 

Melalui radio HF, Rapi Kota Bengkulu menginformasikan ada empat wilayah yang terdampak terparah. Lokasi tersebut diketahui terdapat banyak korban yang memerlukan evakuasi. Selanjutnya Kantor SAR Jambi, Palembang, Padang, dan Lampung segera bergerak ke Bengkulu guna membangun sistem komunikasi di empat lokasi tersebut. Tim gabungan dibagi menjadi empat SRU. 

Tim mendapatkan laporan seorang wisatawan yang sedang mendaki di Bukit Kandis mengalami cidera dan mengaktifkan PLB. SRU empat yang berada di Bengkulu Tengah segera menuju ke Bukit Kandis untuk mencari korban mengunakan direction finder. Korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat dan dievakuasi menuju posko. 

Laporan di atas merupakan skenario Latihan Gelar Komunikasi yang diselenggarakan Basarnas. Memasuki hari kedua seluruh peserta melaksanakan aplikasi lapangan mensimulasikan pelaksanaan operasi SAR. Hari sebelumnya (15/6/2021) para peserta telah mendapatkan materi kelas terkait aplikasi lapangan hari ini. (Nv)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : Daru Nugroho
16 June 15:59 WIB